Tips Sukses Memulai Bisnis Barbershop

DI ZAMAN modern ini, urusan menjaga penampilan bukan lagi monopoli wanita. Para pria juga sangat memperhatikan penampilannya, termasuk untuk urusan gaya rambut.

Tidak heran kalau belakangan muncul banyak tempat pangkas rambut pria bergaya modern di berbagai tempat khususnya kota-kota besar seperti di Jabodetabek, Bandung, Yogyakarta dan Surabaya.

Untuk kamu yang mau memulai peruntungan di dunia bisnis dan sudah memiliki modal usaha, mungkin saja usaha barbershop bisa jadi pilihan yang tepat. Dari tips sampai modal, berikut hal-hal seputar bisnis barbershop yang harus kamu ketahui:

Pilih lokasi usaha yang pas

Pertama-tama, kamu harus memilih lokasi usaha yang pas dimana lokasi tersebut strategis dan dekat pusat keramaian orang. Misalnya dekat minimarket, pusat perbelanjaan, perkantoran, sekolah, kampus dan tempat lain yang memiliki lalu lintas ramai.

Terkait biaya sewa tempat tentu beragam. Bila kamu sudah memiliki ruko atau rumah yang letaknya strategis. tidak perlu keluar uang untuk sewa tempat lagi.

Barang dan perlengkapan yang dibutuhkan

Kamu bisa beli dua kursi barbershop bekas, 2 buah cermin ukuran 1×2 meter, 2 buah meja dengan laci, 1 unit AC. Kemudian, dua set mesin cukur rambut lengkap dengan minyak pelumas, sepatu sisir, kuas, dan sebagainya.

Jangan lupa 2 set gunting seperti gunting sasak, gunting potong, gunting kumis, 2 buah pisau lipat isi ulang.

Selanjutnya 2 buah kuas muka, 2 buah kuas sabun serta sabunnya, 2 buah hairspray, 3 buah handuk kecil, 2 pcs wadah bedak, jepitan plastik, 2 buah kain penutup badan dan yang paling penting adalah katalog model rambut terbaru.

Terakhir, agar para pelanggan betah di tempatmu, gunakan speaker aktif untuk menyetel musik dan dekorasi ruangan sesuai selera.

Berapa biayanya?

2 kursi = Rp 650 ribu x 2 = Rp 1,3 juta

2 buah cermin = Rp 600 ribu x 2 = Rp 1,2 juta

1 unit air conditioner = 2,5 juta

2 set alat & perlengkapan cukur lengkap dengan kain penutup = Rp 1 juta x 2 = Rp 2 juta.

Bikin katalog = Rp 100 ribu

Biaya dekorasi = Rp 1 juta.

Jadi, total modal awal yang kamu butuhkan sekitar Rp 8,6 juta diluar sewa tempat dan gaji karyawan.

Bila punya modal cukup, Kamu bisa membeli ruko hitung-hitung melakukan investasi terbaik.

Sementara untuk urusan gaji karywan cukup relatif, kamu bisa memperkerjakan part-timer dengan gaji yang miring atau pembagian komisi dari setiap pelanggan yang dilayani.

Manfaatkan sosial media agar usahamu laku keras!

Setelah kamu sudah membuka usaha barbershop modern, kamu bisa mempromosikannya lewat sosial media. Berikan promo-promo menarik serta upload gambar dari pelanggan tempat pangkas rambutmu yang kece dan menarik!

Mau usaha barbershop/pangkas rambut tapi gak punya skill potong rambut? Narotama Barber School hadir memberikan kesempatan kepada kamu semua yang ingin bisa mencukur rambut pria dengan mudah dan efektif. Gak percaya? http://narotamabarber.com/kursus-potong-rambut-pria-profesional-narotama/

Daftar Free Trial Kursus Potong Rambut Narotama

Sumber https://economy.okezone.com/read/2017/04/14/320/1667898/tips-sukses-memulai-bisnis-barbershop# diakes 19/08/2018

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *