Gaya Rambut Pria yang Cocok dengan Bentuk Wajah Kita

Banyak pria yang nggak mengenali bentuk wajah mereka sehingga sering salah memilih model rambut. Akhirnya bukannya tambah tampan, potongan rambut yang dipilih malah membuat mereka terlihat kurang menarik di mata wanita.

Mungkin bagi pria model rambut itu masalah sepele, yang penting di-pomade aja sudah cukup. Tapi jangan salah, jika kamu cukup pintar dalam memilih model rambut yang sesuai dengan bentuk wajahmu, pasti kamu bisa mendapatkan nilai plus dari gebetanmu dan kamu juga bisa tampil lebih PD.

disunting dari vlog Wesley Huang, diakses 8 Agustus 2018

Berikut adalah jenis wajah pria serta berbagai model rambut yang cocok buat kamu gunakan.

Lonjong (oval)

Bagi kamu yang memiliki ukuran wajah yang lebih panjang dibanding lebar tulang pipi serta bentuk dagu yang bulat, maka wajahmu termasuk ke dalam kategori ini. Bagi pria yang memiliki wajah lonjong cukup beruntung, karena wajah ini tergolong simetris dan proporsional sehingga kamu bisa mecoba hampir semua jenis model rambut.

Idealnya, kamu paling cocok dengan tipe rambut klasik, dimana sisi rambut kanan dan kiri lebih pendek dan memanjang di bagian tengah. Satu-satunya hal yang perlu kamu ingat adalah hindari poni depan biar mukamu nggak kelihatan lebih bulat.

Berikut tiga contoh rambut klasik yang bisa kamu coba:

Persegi (square)

 

Pemilik jenis wajah ini memiliki perbandingan ukuran wajah yang mirip antara panjang dan lebar wajah, serta bentuk dagu yang lebih tajam.

Bila kamu memiliki wajah persegi ini, maka selamat! Wajah ini dikenal sebagai wajah yang paling maskulin karena memberikan kesan kuat dengan adanya bentuk rahang yang bagus dan bersudut, serta juga sangat proporsional.

Seperti wajah lonjong, tipe wajah ini juga sangat cocok dengan berbagai bentuk potongan rambut, baik dengan potongan sangat pendek ataupun panjang. Salah satu gaya rambut andalan adalah potongan rambut pendek yang rapi dengan sedikit volume rambut, sehingga dapat menonjolkan struktur tulang wajahmu dan meningkatkan kemaskulinanmu.

Berikut tiga contoh tipe rambut pendek rapi yang bisa kamu gunakan:

Panjang (rectangle)

Tipe wajah ini memiliki bentuk muka yang paling panjang dibandingkan dengan muka lonjong dan persegi. Tips buat potongan rambut wajah ini adalah gaya rambut apapun yang penting nggak membuat muka terlihat lebih panjang lagi.

Misalnya, kamu perlu hindari rambut yang terlalu pendek di bagian samping yang hanya menyisakan rambut di bagian tengah seperti beberapa contoh gaya rambut di atas. Sebaliknya, kamu perlu memiliki potongan rambut yang lebih panjang serta menggunakan poni untuk menutupi sebagian kening biar mukamu kelihatan lebih pendek.

Hal lain yang perlu kamu perhatikan adalah jenggot, jangan pernah menggunakan jenggot penuh. Bila memang mau, cukup menggunakan jenggot tipis saja.

Berikut tiga jenis potongan rambut yang paling cocok dengan wajahmu:

Bulat (round)

Bila lebar tulang pipimu hampir sama dengan ukuran panjang muka, dan mempunyai bentuk tulang rahang yang nggak terlalu tajam, maka kamu memiliki wajah bulat.

Model rambut yang kamu pilih harus dapat mengimbangi kebulatan wajahmu, misalnya potongan rambut persegi atau yang lebih tajam. Biarkan sisi rambut kanan dan kiri tetap pendek, dan mainkanlah volume rambutmu.

Kamu boleh menggunakan poni ataupun nggak, yang penting ponimu tidak membuat wajah kamu terkesan lebih bulat lagi.

Berikut tiga contoh potongan rambut yang pendek di sisi kanan dan kiri:

Wajik (diamond)

Bentuk wajah ini biasanya sempit di bagian dagu dan kening, namun bagian tulang pipi melebar dan dagu meruncing. Wajah ini lebih jarang ditemukan dibanding bentuk wajah lainnya sehingga pemilihan gaya rambut harus berhati-hati.

Potongan rambut yang paling bagus adalah yang dapat menambah kesan lebar pada bagian muka, misalnya rambut yang sedikit lebih panjang dan berponi. Perlu diingat, hindari gaya rambut yang sangat pendek dan nggak ada poni karena potongan rambut itu membuat telingamu kelihatan sangat besar.

Berikut tiga variasi rambut berponi yang bisa kamu cobai:

Bentuk hati (heart)

Bentuk wajah ini biasanya memiliki ukuran kening yang lebih besar dari pada tulang pipi dan rahang, serta bentuk dagu yang meruncing. Tipe wajah ini cukup mirip dengan tipe wajah wajik, namun nggak memiliki garis wajah setajam itu.

Pria dengan jenis wajah bentuk hati cukup fleksibel buat mencoba berbagai potongan rambut karena bisa cocok dengan model rambut apapun. Salah satu model rambut yang perlu kamu coba adalah potongan rambut yang sedikit lebih panjang dan disisir menyamping.

Kamu perlu hindari model rambut yang sangat pendek seperti crew out, karena itu akan semakin menonjolkan dagu yang sempit dan kening yang lebar sehingga kelihatan kurang menarik. Untuk membuat dagumu terlihat lebih berisi, kamu boleh coba menggunakan jenggot.

Berikut tiga model rambut panjang menengah dengan dan tanpa jenggot yang bisa kamu coba:

Sekarang kamu sudah tahu yang mana bentuk wajahmu dan model apa yang cocok bukan? Jangan sampai salah potong lagi ya guys!

sumber https://mozaic.mataharimall.com/male/model-rambut-pria-sesuai-bentuk-wajah/ diakses 8 Agustus 2018

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *